BisnisPemdaPolitik

TARMAN SONJAYA : “SEORANG Pj KADES KARANG MUKTI MERANGKAP JADI KABAG PEMERINTAHAN, CONTOH TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BURUK.”

BUPATI MESTI SEGERA MENGGANTI PEJABAT KADES ITU

PURWAKARTA (eNPe.com) – Satu Pejabat Kepala Desa di Desa Karang Mukti Kecamatan Bungursari, telah merangkap jabatan sebagai Kabag Pemerintahan. Menurut satu aktivis antikorupsi di Purwakarta, ini contoh tata kelola pemerintahan yang buruk di zaman Bupati Anne Ratna Mustika.

“Terjadinya rangkap jabatan membuktikan tata kelola pemerintahan dan administrasi era Bupati Anne amburadul.” (Tarman Sonjaya, Wakil Ketua KPP).

Tarman Sonjaya, Wakil Ketua Komunitas Peduli Purwakarta (KPP) menegaskan hal itu kepada eNPe.com hari ini (3/4/20). “Mestinya ketika seorang Pj Kades kemudian naik jabatannya menjadi Kabag Pemerintahan, ya segera diganti dong. Ini apa maksudnya. Kan jadi tidak lucu seperti main-main saja. Ini contoh tata kelola pemerintahan yang buruk,” jelasnya.

Tarman menambahkan, kasus seperti ini membuktikan tata adminstrasi di era Bupati Anne amburadul. “Mestinya kan saat mau mengangkat pejabat, data dia sedang menjabat apa kan ada. Ini kok sepertinya lupa, jadi tidak tahu ada rangkap jabatan,” jelasnya.

Pihaknya menduga, kasus ini terkait dengan proyek besar yang lagi berjalan di Desa itu. “Kan lagi ada pembebasan tanah dalam skala luas. Kita juga tahu siapa Pj yang menjabat di Desa itu. Dugaan saya tidak lebih dari urusan proyek itu,” jelas Tarman.

Ia sangat meyayangkan kasus seperti ini masih terjadi. Menurut Tarman,”Ini bisa jadi efek dari bagi-bagi kekuasaan dengan modus proyek tertentu.”

Maka dari itu, Tarman berharap agar kasus ini segera diproses. “Tidak lucu ada rangkap jabatan. Mestinya ganti dengan pejabat lain. Atau kalau yang Pj masih mau menjabat sebagai Kades, etikanya mundur sebagai Kabag Pemerintahan,” jelasnya.

Pj di Desa Karang Mukti sekarang dijabat oleh Aam, M.Si. Aam sendiri pada promosi beberapa waktu lalu naik jabatannya sebagai Kabag Pemerintahan di Setda Purwakarta.

Sementara itu, Camat Bungursari M. Saripul Harom, ketika dikonfirmasi soal rangkap jabatan ini enggan menjelaskan. Pertanyaan yang dikirim media ini tidak direspon sama sekali. Camat Saripul lebih suka diam, ketimbang menjelaskan soal rangkap jabatan ini. (nur/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close