BisnisHead LinePemda

TAJUG GEDE CILODONG, SATE MARANGGI HAJAH YETTY DAN RS SILOAM BELUM PUNYA AMDAL LALIN

“BIANG KEMACETAN DI JALUR SADANG CIKOPO MESTI DITERTIBKAN”

PURWAKARTA (eNPe.com) – Semua gadung perkantoran, rumah sakit, kuliner dan Tajug Gede Cilodong selama ini belum mengantongi amdal lalu lintas. Menurut satu pejabat di Dishub Pemkab Purwakarta, pengelolaan amdal lalu lintas wewenang pusat.

Kepala Seksi Lalu Lintas Dishub Pemkab Purwakarta Yusan Arun menegaskan hal itu kepada eNPe.com Jumat (7/2) pekan lalu di ruang kerjanya. “Semua belum punya amdal lalin, kami hanya pernah mengatur soal parkirnya saja,” jelas Yusan.

Yusan menyatakan sejak ada pembagian kerja soal penanganan jalan antara jalan kabupaten, provinsi dan jalan nasional, persoalan penanganan kemacetan menjadi rumit. “Jalur Sadang Cikopo itu jalan nasional. Amdalnya mesti ke pusat. Kami hanya membantu soal teknis pelaksanaan saja,” jelas Yusan.

“Biang kemacetan di jalur Cikopo Sadang akibat pembangunan tidak dilengkapi dengan amdal lalin. Mesti dicari jalan keluarnya” (Asep Kurniawan, Sekjen MPC PP Purwakarta).

Meski begitu, menurutnya, semua bangunan di sana belum ada amdal lalinnya. “Kami hanya sudah mengatur soal parkirnya saja,” jelas Yusan.

Ia berpendapat, pemicu kemacetan itu banyak. “Bukan hanya soal bangunan baru, tapi juga soal pertumbuhan jumlah kendaraan,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan pada titik-titik tertentu, Dishub selalu mencoba mengurai kalau ada kemacetan yang parah di jalur itu. “Penataan soal parkir juga salah satu cara mengatasi soal itu,” jelasnya.

Yusan mengakui ada surat dari PP Purwakarta. “Tapi surat itu masih di meja pak Kadis. Belum ada disposisi sampai sekarang,” jelasnya.

Sebelumnya MPC Pemuda Pancasil (PP) Purwakarta berkirim surat ke Dishub Pemkab Purwakarta. “Kami mempertanyakan amdal lalin di jalur Sadang Cikopo,” jelas Sekjen MPC PP Purwakarta Asep Kurniawan.

ARTIKEL SERUPA  PEMKAB PURWAKARTA DIMINTA CABUT TIGA IZIN PERUSAHAAN YANG GAGAL BANGUN KAWASAN INDUSTRI

Ia mengaku kesal dengan kemacetan yang makin parah di jalur itu. “Terutama kalau Jumat sampai Ahad, sudah tidak nyaman lagi,” jelas Fapet sapaan akrab Asep.

Sejauh pengamatan media ini, ada tiga titik pemicu kemacetan yang parah di jalur Sadang – Cikopo. Mereka adalah Tajug Gede Cilodong, RS Siloam dan Sate Maranggi Hajah Yetty di Cibungur. (nur/PU)

Tags

Related Articles

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *