BisnisHead LinePemda

TAGIHAN LISTRIK PJU PEMKAB BISA DIHEMAT SAMPAI 50%. SEBANYAK 88% LAMPU PJU ADALAH PRODUK LAMA YANG BOROS

PLN BOHONG SOAL JUMLAH METERAN DI TIANG PJU

PURWAKARTA (eNPe.com) – Pembayaran tagihan rekening lampu PJU oleh Pemkab Purwakarta sebenarnya bisa dihemat antara 30% sampai 50%. Hal itu terjadi, menurut satu Pejabat di Pemkab Purwakarta, karena mayoritas lampu PJU adalah jenis lama yang boros.

Kosasih, Kabid Pertamanan dan PJU di Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Pemkab Purwakarta menegaskan hal itu kepada eNPe.com hari ini (24/2). “Lampu PJU kita itu 88% masih menggunakan lampu pijar yang boros. Bukan lampu LED. Ini menjadi persoalan tersendiri,” jelasnya.

“Kita lagi berupaya agar ada penataan ulang lampu-lampu PJU lama. Ini agar tagihan rekeningnya tidak besar.” (Kosasih, Kabid Pertamanan dan PJU Distarkim Pemkab Purwakarta).

Sebelumnya Kabag Umum Setda Purwakarta Dian Ardiansyah menyatakan Pemkab Purwakarta tiap bulan membayar Rp 1,1 miliar tagihan listrik khusus lampu PJU. “Ini berat buat Pemkab. Apalagi kami tidak tahu, munculnya tagihan sebesar itu itung-itungannya dari mana,” jelas Dian.

Sementara itu, Kosasih menambahkan, jumlah total titik PJU di Purwakarta 3.377 titik. Dari jumlah itu, sebesar 2.988 masih menggunakan lampu pijar. “Ini yang membuat boros,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Kosasih, jumlah PJU yang rusak atau hilang 50 titik. “PJU yang dari solar cell 164 titik. Tapi semua sudah hilang,” jelas Kosasih.

Pihaknya menegaskan akan melakukan penataan ulang agar PJU yang jenis lama bisa diremajakan. “Ini agar beban pembayaran bisa lebih irit,” jelasnya.

PLN BERBOHONG SOAL JUMLAH METERAN LISTRIK PJU

Sementara itu, Manajer Unit PLN Purwakarta Irwan Irianto ketika ditanya soal metode penghitungan PJU milik Pemkab, pihaknya menyatakan bahwa semua tiang PJU ada meterannya. “Jadi kita hitung berdasarkan meteran, dijamin akurat,” jelas Irwan.

ARTIKEL SERUPA  SEBANYAK 35 TENAGA MEDIS TERDAMPAK CORONA DENGAN STATUS ODP. MEREKA DARI RS BAYU ASIH DAN RS THAMRIN

DATA LAMPU PJU YANG DIKELOLA PEMKAB PURWAKARTA PADA 2020 (Sumber : Data Distarkim Pemkab Purwakarta).

URAIANJUMLAHKETERANGAN
Total PJU3.377
PJU Rusak/Hilang50
PJU Konvensional tanpa KWH2.988
PJU dengan KWH846
PJU Solarcell164
PJU Solarcell yang Bertahan

Ia menambahkan bahwa kadang beberapa tiang PJU hanya dipasang satu meteran. “Ini sesuai perjanjian antara Pemkab dengan PLN,” jelasnya.

Tapi, apa yang dikatakan Irwan, berbeda dengan penjelasan Kosasih. “Yang menggunakan KWH meteran 846 titik, sementara yang menggunakan abonemen sebanyak 2.988 titik. Yang menggunakan abonemen dihitung 12 jam, apakah menyala atau tidak. Ini yang membuat boros,” jelasnya. (bay/PU)

Tags

Related Articles

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *