Thursday, September 24, 2020
Beranda Head Line SPP GRATIS UNTUK SMA/SMK MULAI JULI - DESEMBER 2020 DI JAWA BARAT

SPP GRATIS UNTUK SMA/SMK MULAI JULI – DESEMBER 2020 DI JAWA BARAT

PROSES PENERIMAAN SISWA BARU MESTI DIAWASI KETAT

BANDUNG (eNPe.com) – SPP di tingkat SMA/SMK negeri, menurut satu anggota DPRD Provinsi Jawa Barat akan digratiskan mulai Juli-Desember 2020. Kebijakan ini diterapkan, menurutnya, karena anggaran biaya ini tidak terkena program refocusing anggaran akibat wabah Corona.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat H. Abdul Hadi Wijaya, M.Sc menyatakan itu kepada eNPe.com semalam (8/6/20). “Anggaran untuk menggratiskan SMA/SMK tidak terkena refocusing akibat Corona. Maka dari itu kami optimistis bisa direalisasikan mulai Juli 2020,” jelas Abdul.

Menurutnya, anggaran ini sebenarnya akan diterapkan mulai Januari-Desember. “Tapi karena tahun ajaran mulai Juli, ya akhirnya realisasi mulai Juli – Desember 2020,” ujarnya.

“Berbagai praktik kecurangan terjadi di proses seleksi penerimaan siswa baru di tingkat SLTA di Kabupaten Purwakarta. Kasus yang terjadi adalah adanya jual beli kursi di sekolah-sekolah favorit.”

Abdul menambahkan bahwa SPP gratis untuk semua sekolah negeri. “Ini berlaku untuk SMA/SMK dan SLB negeri. Kita akan memperjuangkan lagi untuk anggaraan sejenis untuk Januari – Desember 2021,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan pelaksanaan proses penerimaan siswa baru. Komisi V mengujungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Procinsi Jawa Barat.

Abdul Hadi meminta agar dalam proses seleksi penerimaan siswa baru bisa dilaksanakan secara transparan. “Ini prosesnya menggunakan pendaftaran dan seleksi scara on line maka dari itu pengawasan mesti diperketat,” jelasnya.

Sebelumnya, berbagai praktik kecurangan terjadi di proses seleksi penerimaan siswa baru di tingkat SLTA di Kabupaten Purwakarta. Kasus yang terjadi adalah adanya jual beli kursi di sekolah-sekolah favorit.

Kecurangan lain adalah kasus pemalsuan dokumen oleh orang tua siswa agar bisa mengakali persyaratan seleksi. Ini terjadi terutama di jalur prestasi non akademik.

Kasus lain adalah terjadinya mafia jual beli kursi yang melibatkan panitia seleksi dari tingkat Kabupaten sampai Provinsi. (ril/PU).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

JEMBATAN DARURAT BODEMAN AKAN DIBANGUN DARI APBD PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2020

SUDAH DIAJUKAN ANGGARAN PERUBAHAN SEBESAR Rp 5 MILIAR PURWAKARTA (eNPe.com) - Jembatan Bodeman yang runtuh, menurut satu...

POLDA DAN KEJATI JABAR PERIKSA EMPAT PEJABAT DISTARKIM PURWAKARTA TERKAIT DUGAAN KORUPSI DI 11 PROYEK TERMASUK TAJUG GEDE CILODONG

KETUA KMP : "KAMI AKAN KAWAL SAMPAI TUNTAS." PURWAKARTA (eNPe.com) - Polda dan Kejati Jawa Barat...

TEST SWAB DI RS BAYU ASIH KINI BISA DALAM DUA JAM DIKETAHUI HASILNYA POSITIF CORONA ATAU TIDAK

SETELAH MENDAPAT BANTUAN MESIN PCR DARI GUGUS TUGAS PUSAT PURWAKARTA (eNPe.com) - Test swab -untuk tahu pasien...

SETELAH SEMPAT HABIS, PASIEN DENGAN STATUS PDP MUNCUL LAGI

TINGGAL DUA KECAMATAN YANG MASIH ZONA MERAH PURWAKARTA (eNTe.com) - Setelah sempat sembuh 100%, kini pasien dengan...