Head LineKriminalPemda

SOAL SKANDAL DD JATIMEKAR, NASIB KADES JADI TERSANGKA ATAU TIDAK DITENTUKAN MINGGU DEPAN

KEJARI PUNYA WAKTU TUJUH HARI UNTUK MENENTUKAN STATUS KADES JATIMEKAR

PURWAKARTA (eNPe.com) – Nasib Kades Jatimekar Kecamatan Jatiluhur ditentukan pekan depan. Karena sprindik yang terbit hanya mendapat batas waktu seminggu.

Handi Heryana, Ketua Divisi Hukum MUI Desa Jatimekar menyatakan hal itu kepada eNPe.com usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi terhadap dugaan kasus korupsi Dana Desa di Jatimekar, kemarin (3/3). “Sprindik yang terbit punya waktu tujuh hari. Jadi nasib Kades itu baru minggu depan ditentukan apakah penyelidikan ini terus ditingkatkan menjadi penyidikan atau tidak,” jelasnya.

Nasib Kades Jatimekar Kusnendar ditentukan minggu depan. Apakah menjadi tersangka atau tidak.

Handi menambahkan, dirinya sudah menjelaskan semua kronologinya kepada tim Kejari. “Termasuk bukti-bukti dan dokumen pendukung, foto-foto sudah kami serahkan,” jelasnya.

Pihaknya berharap Kejari tuntas mengusut kasus ini. “Kalau dari bukti-bukti yang ada tidak ada alasan untuk tidak jadi tersangka. Kasusnya terang benderang. Kalau dihitung dari potensi kerugian lebih dari Rp 100 juta. Jadi mestinya layak untuk dilanjutkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Handi atas nama perwakilan masyarakat mengadukan dugaan korupsi Kades jatimekar Kusnendar ke Inspektorat, Polsek Jatiluhur dan Kejari. Respon yang bagus datang dari Kejari Purwakarta.

Kasus ini terkait dana desa pada 2019 yang hingga 2020 banyak proyek yang belum selesai dibangun. “Kades ini selama ini kesannya begitu kuat, karena diduga dibekingi oleh anggota dewan,” jelas Handi.

BAMUSDES MANGKIR DATANG

Sementara itu, Kejari terus melakukan pemeriksaan terhadap banyak saksi. Ketua Bamusdes Desa Jatimekar yang dipanggil sebagai saksi tidak hadir pada hari pemeriksaan di Kejari.

“Sebenarnya Ketua Bamusdes ini bukan pro Kades, tapi kita tidak tahu kenapa tidak datang,” jelas Handi.

Minggu lalu, Kades Kusnendar dipanggil Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk segera menyelesaikan kasus ini. Tapi perintah DPMD tidak sempat dijalankan, sampai akhirnya bergulir ke ranah hukum. (bay/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close