Head LineKriminalPemda

SEKRETARIS DINKES : DI RS BAYU ASIH ADA EMPAT PASIEN DIISOLASI, SATU AKAN SEGERA DIRUJUK KE RS HASAN SADIKIN BANDUNG.

KETUA KPP : BUPATI MESTI TERBUKA SOAL PERKEMBANGAN PASIEN CORONA DI PURWAKARTA

PURWAKARTA (eNPe.com) – Total pasien Corona di RS Bayu Asih, menurut satu pejabat di Pemkab Purwakarta, sebanyak empat orang diisolasi. Satu di antaranya, menurutnya, akan segera dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung.

Rudi Hartono, Sekretaris Dinas Kesehatan Pemkab purwakarta menjelaskan soal itu kepada eNPe.com hari ini (19/3/20). “Jadi dari empat yang diisolasi, ada satu pasien yang statusnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Nah pasien ini yang akan segera dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung,” jelas Rudi.

“Pasien terpapar Corona di RS Bayu Asih ada empat orang, satu orang akan segera dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung.” (Sekdinkes Pemkab Purwakarta Rudi Hartono).

Menurutnya, satu pasien yang dari Desa Jatimekar, statusnya masih Orang Dalam Pengawasan (ODP). “Jadi keliru kalau sudah positif Corona,” jelas Rudi.

Menurutnya, warga Jatimekar itu tinggal di Kampung Cicareuh, RT : 14/5, Kacamatan Jatiluhur. “Keluhannya, batuk, pilek dan demam tinggi sudah tiga hari,” jelas Rudi.

Menurut Rudi, pasien bekerja sebagai supir laundry di RS Siloam Karawaci dan RS Siloam Kelapa Dua Jakarta. “Jadi tiap hari dia mengangkut laundry dari rumah sakit itu,” jelasnya.

Direktur Utama BLU RS Bayu Asih Agung Darwis Nataatmadja membenarkan kalau pasien dari Jatimekar masih diisolasi di RS Bayu Asih. Sayang Agung belum mau menjelaskan secara detail kondisi pasien itu.

KETUA KPP : BUPATI MESTI TERBUKA, JANGAN MEMBUAT RESAH WARGA

Sementara itu, Ketua Komunitas Peduli Purwakarta (KPP) Munawar Cholil menjelaskan bahwa sekarang RS Bayu Asih menjadi rumah sakit rujukan untuk kasus Corona. “Ini konsekuensinya, maka pasien dari Subang, Karawang bisa dirujuk ke RS Bayu Asih,” jelas Cholil.

ARTIKEL SERUPA  JAWABAN SURAT PT INDO BHARAT RAYON MENANTANG FORBES

Ia menmbahkan, status RS Bayu Asih yang menjadi rujukan sejak Senin minggu ini ada konsekuensinya. “Artinya risiko Corona makin besar, karena pasien pada di bawa ke sini. Makanya informasi soal Corona di Purwakarta jangan sekali-kali ditutup-tutupi,” jelas Cholil.

Menurutnya, sekarang RS Bayu Asih membatasi kunjungan pasien. “Ini sudah benar,'” jelasnya.

Kalau Bupati transparan, menurut Cholil,”Maka warga masyarakat bisa lebih waspada untuk menjaga diri. Kalau informasinya tidak jelas, maka malah bisa memicu keresahan warga.”

Sementara itu, terkait dengan kondisi 19 pasien dalam status ODP, Rudi belum mau menjelaskan perkembangannya seperti apa. Rudi juga enggan menjelaskan status pasien dari Desa dan kecamatan mana yang hari ini akan dirujuk ke RS Hasan Sadikin.

RS Bayu Asih sendiri kini membuka ruang isolasi tambahan di bagian belakang RS itu. Satu lorong penghubung yang selama ini bisa dimanfaatkan untuk jalan siapapun dibuat steril. Lorong itu menghubungkan anara ruang ICU di depan dan ruang isolasi di bagian belakang.

Untuk menangani pasien Corona di RS Bayu Asih, kini telah ditunjuk tiga orang dokter. Sementara itu, informasi dari internal dokter di RS Bayu Asih menyebutkan satu perawat RS Bayu Asih sedang diisolasi di rumahnya karena sempat menangani satu pasien yang datang di rumah sakit itu. (bay/PU).

Related Articles

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *