Head LineKriminalPemda

SEJUMLAH KADES SIAP BERSAKSI DI KEJARI TERKAIT DUGAAN BERBAGAI PUNGUTAN DANA DESA

KMP : BANYAK DUGAAN KASUS PUNGUTAN DD MULAI BERMUNCULAN

PURWAKARTA (eNPe.com) – Sejumlah Kades menyatakan siap menjadi saksi di Kejari Purwakarta terkait dengan dugaan berbagai pungutan dana desa (DD). Menurut Ketua Komunitas Masyarakat Purwakarta (KMP) mereka mau bersaksi agar persoalan DD menjadi clear dan tuntas.

Ketua KMP Zaenal Abidin menegaskan hal itu kepada eNPe.com semalam. “Ini hasil investigasi kita. Alhamdulillah beberapa kades yang kami hubungi siap memperlancar kerja kejaksaan. Mereka kami jamin keamanannya dan kami rahasiakan namanya. Mudah-mudahan langkah KMP ini bisa tuntas,” jelas Zaenal.

ZAENAL ABIDIN

Menurutnya, banyak kasus dugaan penyimpangan DD yang terungkap dari hasil investrigasi KMP. “Misalnya kami menemukan banyak Kades yang kena kasus hukum terkait DD tapi mereka merasa tidak mendapat advokasi yang maksimal dari Apdesi. Padahal diduga mereka merasa sudah membayar uang “koordinasi.” Tapi inikan baru cerita mereka, kita lagi buru fakta otentiknya,” jelas Zaenal.

Dugaan lain yang miris itu, menurut Zaenal, ada sedikitnya 50% mantan Kades yang sudah diPJSKan tapi belum membuat laporan pertanggung jawaban DD. “Dugaan saya, ini efek dari banyaknya pungutan yang tidak jelas. Jadi susah membuat LPJ-nya,” katanya.

Kasus lain, menurut Zaenal adalah ada dua Desa di Kecamatan Pondoksalam dan Darangdan yang diduga Kadesnya tidak pernah mengelola DD. “Langsung dikelola oleh politisi dari partai tertentu, karena politisi itu juga permborong. Ini menarik. Masyarakat tahu tapi diam saja, karena takut,” jelas Zaenal.

Pihaknya menegaskan akan menuntaskan berbagai kasus DD ini ke Kejari. “Kita akan kerjakan sampai tuntas. Karena ini dugaan saya skandal besar, masif dan terstruktur,” jelasnya.

Sebelumnya, terkait dugaan adanya pungutan DD oleh Apdesi Purwakarta, KMP telah berkoordinasi dengan Kejari Purwakarta. “Kita akan ungkap habis urusan ini, biar publik tahu apa yang sesungguhnya terjadi selama ini,” jelas Zaenal.

ARTIKEL SERUPA  BUPATI ANNE : "WABAH CORONA DI PURWAKARTA KEJADIAN LUAR BIASA"

Sementara itu, Ketua Apdesi Anwar Sadat membantah adanya pungutan itu oleh Apdesi. “Jadi tidak benar Apdesi memungut ke kades-kades,” jelas Anwar kepada sejumlah media beberapa waktu lalu. (bay/KDR).

Tags

Related Articles

1 thought on “SEJUMLAH KADES SIAP BERSAKSI DI KEJARI TERKAIT DUGAAN BERBAGAI PUNGUTAN DANA DESA”

  1. Sebaiknya investasi DD juga ke warga desa yang terindikasi DD nya diselewengkan, kepada ketua dan anggota BPD desa ybs, pasti masalahnya akan terang benderang, juga beritanya berimbang, memudahkan ungkap fakta kebenaran yang selama ini hanya jadi isu dan desas desus di warga desa saja.

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *