Head LineKomunitasPemda

SEBANYAK 35 TENAGA MEDIS TERDAMPAK CORONA DENGAN STATUS ODP. MEREKA DARI RS BAYU ASIH DAN RS THAMRIN

JUMLAH ODP DI PURWAKARTA NAIK TAJAM JADI 100 ORANG

PURWAKARTA (eNPe.com) – Sebanyak 35 orang tenaga medis di Purwakarta terdampak virus Corona dengan status Orang Dalam Pemantauan. Menurut anggota Satgas Pemberantasan Covid-19 Purwakarta, mereka yang terdampak karena memang bersentuhan langsung dengan pasien PDP.

Anggota Satgas Pemberantasan Covid-19 Purwakarta Dr Erlitasari menyatakan hal itu kepada sejumlah awak media hari ini (27/3/20) di Bale Nagri Pemkab Purwakarta.

“Jumlah orang dengan status ODP naik dari 48 menjadi 100 orang. Dari jumlah itu 35 diantaranya adalah tenaga medis.” (Jubir Satgas Covid-19 Purwakarta Dr. Erlitasari).

“Ada kenaikan yang cukup signifikan terhadap orang dengan status ODP. Kemarin dari 48 orang menjadi 100 orang. Dari jumlah itu, 35 di antaranya adalah tenaga medis,” jelas Erlita.

Penambahan jumlah ODP itu, jelas Erlita, karena adanya tenaga medis dan keluarga yang memang kontak langsung dengan orang yang berstatus positif Corona.

“Tapi hari ini, jumlah pasien dengan status PDP turun menjadi empat orang, dari semula delapan orang. Yang empat orang sudah dinyatakan sembuh,” jelas Kabid P2P di Dinas Kesehatan Pemkab Purwakarta ini.

BATASI KELUAR RUMAH

Erlita menambahkan, tingginya pertumbuhan ODP mengindikasikan bahwa warga belum disiplin dalam menerapkan Social Distancing. “Jadi warga mesti memperhatikan betul hal-hal seperti ini. Kalau masih banyak berkerumun, risiko ODP naik akan terus terjadi,” jelasnya.

Sementara itu, Satgas Covid-19 Purwakarta sudah menginteruksikan agar upaya pencegahan dilakukan sampai ketingkat Kecamatan dan Desa. Iyus Permana menyatakan, penyemprotan desinfektan akan dilakukan secara masal sampai ke Desa-Desa.

Sampai hari ini, secara nasional korban virus Corona yang meninggal mencapai 87 orang. Dua orang di antaranya adalah dokter. Hingga kini jumlah dokter yang meninggal akibat serangan Corona mencapai delapan orang.(ril/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close