BisnisHead LineIndephtJabarPemda

Pj BUPATI : APBD 2018 DIROMBAK TOTAL

PENDAPATAN TEKOR BEBAN UTANG BESAR

PURWAKARTA (newspurwakarta) – Pejabat Bupati Purwakarta memutuskan untuk merombak total struktur APBD 2018. Langkah ini diambil agar siapapun yang menjadi Bupati kelak, kondisi APBD sudah normal, atau kalaulah masih ada beban tidak seberat sekarang.

Pejabat Bupati Purwakarta M. Taufik Budi Santoso menegaskan itu saat menerima Komunitas Peduli Purwakarta (KPP) di ruang kerjanya kemarin (11/4). “Struktur dan postur APBD 2018 tidak normal. Pendapatan tahun ini kita prediksi tidak akan tercapai. Sementara, ada kewajiban Pemda kepada Pihak ketiga yang tidak kecil. Ini akumulasi 2016-2017. Makanya kita lakukan cut off,” katanya.

Hadir dalam pertemuan itu Pj Bupati didampingi Sekda, Kepala Bappeda … Kepala Inspektorat …., Kepala DPAD Irsyad Nasution, Kepala Dinas Kominfo dan jajaran pimpinan lainnya. Sementara itu dari unsur KPP hadir Ketua KPP Munawar Cholil, Wakil Katua Tarman Sonjaya, Bendahara KPP Widdy Apriyandi, Ariel Ibnu …. Asep Burhana Dan Ahmad Syah.

Taufik menambahkan, kondisi ini diperparah dengan dana perimbangan keuangan daerah dari Provinsi dan Pusat yang juga belum jelas. “Jadi keuangan yang berat ini langkah satu-satunya kita mereview ulang APBD 2018,” katanya.

Menurut Taufik, ada beberapa langkah prinsip. Pertama, kita lihat mana-mana program yang prioritas, maka yang tidak. Kedua, kita akan melihat mana program yang tetap dijalankan, mana yang digeser atau dihilangkan sama sekali. “Program yang digeser itu kita akan ajukan pada perubahan APBD 2018 atau kita geser pada APBD 2019,” katanya.

Pihaknya meminta agar perubahan ini mengikuti mekanisme anggaran. Kita ingin tetap taat azas. “Perubahan itu kita tuangkan dalam Perubahan APBD 2018 yang pembahasannya akan dimulai Juni nanti,” katanya.

BANKEU DIHENTIKAN

Sementara itu, Kepala Dinas DPAD Irsyad Nasution, masih dalam pertemuan itu menjelaskan, total devisit 2018 ini mencapai Rp 113 miliar. Sebesar Rp 80 miliar merupakan kewajiban yang harus dibayar kepada pihak ketiga. Sementara sebesar Rp 38 miliar adalah kelebihan dari rencana pendapatan yang meleset.

Untuk itu, menurut Irsyad, kita sedang menghitung ulang mana-mana program yang harus ditunda, atau dihapus atau digeser ke 2019. “Semua program Bankeu kita hentikan. Kalau sekarang ada pencairan itu proyek lama. Beberapa bantuan sosial dan hibah juga dihentikan,” katanya.

Intinya, jelas Irsyad, banyak program yang dikaji ulang. Kita akan menyesuaikan keuangan dengan basis PAD. “Kalau basisnya PAD ini akan lebih realistis dan peluang untuk mampu merealisasikannya lebih besar,” katanya.

SUMBER MASALAH

Semantara itu Iyus …., Kepala Dispenda menyatakan pangkal masalah keuangan ini ada pada kegagalan Pemda meraup income yang dalam tiga tahun terakhir tidak pernah tercapai. “Planning besar, tapi pemasukan kecil, jauh dari target,” katanya.

Iyus menambahkan, dari 10 komponen PAD, sebanyak sembilan komponen bisa terpenuhi 100%. Tapi sembilan komponen ini nilainya hanya 34% dari total PAD. “Sementara dari 1 komponen PAD yang berasal dari BPHTB tidak pernah terpenuhi,” katanya.

Pada 2016, jelas Iyus, dari target BPHTB sebesar Rp 490 miliar hanya tercapai Rp 47 miliar. Sementara pada 2017 dari target Rp 390 miliar, hanya tercapai Rp 54 miliar. “Tahun ini kita targetkan Rp 120 miliar, kita prediksi bisa tercapai Rp 70 miliar,” katanya.

Melesetnya target BPHTB lebih disebabkan proyek-proyek pembebasan tanah untuk kawasan industri yang realisasinya kecil. “Izin kawasan itu luas-luas. Ada yang 1.200 hektare, bahkan ada yang 5.000 hektar. Tapi realisasi yang sudah sampai AJB rata-rata di bawah 10%.”

SELESAI MINGGU INI

Sekda Purwakarta Ama Subanda dalam sesi akhir pertemuan itu menegaskan agar kita melihat ke depan saja. “Yang lalu itu penting untuk diambil pelajarannya. Fokus kami ini, yang telah ditugaskan oleh Pj Bupati intinya bagaimana APBD sehat.”

Ama menambahkan bahwa semua pihak secara maraton telah merumuskan berbagai langkah agar apa yang menjadi target Pj Bupati bisa tercapai. Yaitu, saat Bupati yang baru dilantik, posisi APBD sudah dalam keadaan sehat,” katanya.

Minggu ini, jelas Ama, angka-angka perubahan sudah bisa diputuskan. “Kita kerja cepat agar hal-hal yang reguler bisa tetap jalan dan tidak terganggu,” katanya. (jnr/wid/as/PU).

Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *