Head LineKriminalPemda

PENGHARGAAN UNTUK JURNALIS DARI KAPOLRES DAN PR-PR KASUS KORUPSI DI PURWAKARTA

KITA sangat mengapresiasi langkah Kapolres AKBP Indra Setiawan yang telah memberi penghargaan khusus kepada jurnalis di Purwakarta. Langkah Kapolres ini adalah sikap yang jelas bahwa kemitraan antara Jurnalis dengan jajaran kepolisian, laiknya dua sisi mata uang. Saling mengisi dengan kepentingan masing-masing.

Tentu ini sah-sah saja.

Penghargaan ini juga berarti bahwa Kapolres siap bermitra secara produktif. Siap untuk transparan kepada publik, yang disampaikan melalui para kuli tinta itu. Mudah-mudahan komitmen ini juga dibarengi semangat untuk tidak anti terhadap kritik.

PUBLIK BERHARAP KASUS-KASUS LAMA KORUPSI DAN LINGKUNGAN BISA DITUNTASKAN OLEH KAPOLRES PURWAKARTA AKBP INDRA SETIAWAN.

Apapun makna di balik penghargaan itu, yang sudah pasti ini angin segar buat para wartawan. Akhir-akhir ini, Humas Mapolres yang makin aktif juga menjadi pertanda baik munculnya semangat untuk saling berbagi informasi.

PEKERJAAN RUMAH KASUS-KASUS KORUPSI

Tapi publik sayangnya tidak lupa, bahwa banyak kasus-kasus yang selama ini menjadi objek pemeriksaan Mapolres Purwakarta tidak jelas ujung pangkalnya. Hingga saat ini.

Yang masih publik ingat antara lain kasus dugaan korupsi dana hibah Rp 2,7 miliar ke Yayasan Pendidikan Indorama. Kasus jual beli aset Desa di Desa Campakasari oleh Kades setempat. Dalam kasus ini mantan Camat Campaka diduga ikut menikmati aliran dana ini.

Kalau kita mau menengok jauh ke belakang adalah kasus banyak Kades dalam soal bantuan Keuangan. Sempat ramai menjadi pembicaraan publik sampai kini belum jelas pula ujung pangkalnya.

Kasus lingkungan yang cukup serius adalah laporan dari Ketua Umum DPP Wahana Pemerhati Lingkungan Hidup (WPLH) RI Teddy M Hartawan, terkait pencemaran oleh PT South Pacific Viscose hingga kini juga belum jelas. Laporan ini sudah tiga tahun lebih.

Antikorupsi adalah penting. Dan ini sudah menjadi komitmen bersama hampir semua pihak. Penanganan korupsi akan efektif kalau KPK, Kepolisian dan Kejari berjalan seiring.

Maka dari itu, mumpung masih baru dan telah berkomitmen untuk saling menguatkan antara jurnalis dengan Kapolres, melihat PR-PR lama kasus-kasus serius menjadi begitu penting.

Publik tentu akan puas, bahwa fokus memberantas korupsi adalah pekerjaan sangat mulia dan berdimensi jangka panjang. Baik untuk kepentingan bangsa yang lebih besar, menyelamatkan masa depan anak cucu kita dan meletakkan landasan berdemokrasi pada jalur yang lurus.

Posisi aparat kepolisian dalam menjalankan aksinya untuk memberangus para bandit korupsi di segala lini itu penting dan mendesak. Bahkan teramat penting dan sangat-sangat mendesak. (PU)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close