LingkunganPemdaStraight News

PEMKAB TIDAK CUKUP ANGGARAN, TENAGA HARIAN LEPAS PERTANIAN TERKATUNG-KATUNG

 

PURWAKARTA, (newspurwakarta) –
Puluhan Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THLTBPP) Dinas Pertanian Tanaman Pangan Purwakarta nasibnya terkatung katung menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau P3K 2019.
Meskipun program pengangkatan pegawai honor menjadi pegawai P3K merupakan program pemerintah. Namun anggaran dibebankan kepada daerah.
“Draft perjanjian antara kementerian pertanian dan bupati sudah dibuat. Namun tidak bisa direalisasikan di daerah karena keterbatasan anggaran,” kata Hikmat Fadilah koordinator THLTBPP Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Purwakarta, Rabu (27).
Hikmat menuturkan, pada tanggal 11 Februari lalu, ada sosialisasi di kementerian pertanian mengenai rencana pengangkatan THLTBPP menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).
Dalam kegiatan tersebut, pegawai THLTBPP dibekali draft kesepakatan bersama antara kementerian denganĀ  bupati. Di dalam draft yang dibawa, dicantumkan 29 nama-nama THLTBPP yang diangkat menjadi P3K.
Satu hari kemudian, tepatnya tanggal 12 Februari, kata Fadilah, draft MoU antara kementerian dan bupati sudah berada di meja Bupati Purwakarta.
Dua hari kemudian, dirinya sebagai koodinator kemudian mendatangi Sekpri Bupati dan ternyata harus ada perbaikan.
“Berkas itu kemudian dibawa lagi ke kementerian. Tapi disana muncul masalah baru lagi. Ternyata di Jabar banyak yang belum mengjrimkan surat jawaban ke Kementerian PAN dan RB,” ujar Fadilah.
Usut punya usut, kata Hikmat Fadilah, kesan “dipingpong” antara bupati dan kementrian itu ternyata masalah penganggaran. Sebab, daerah mengalami kesulitan untuk mengalokasikan anggaran P3K, harusnya pemerintah memberikan tambahan DAU kepada daerah yang melaksanakan program P3K.
“Sekarang ini anggaran daerah banyak tersedot belanja pegawai sebesar 63%. Kalau dengan program P3K berarti akan memperbesar belanja pegawai,” ujarnya. (fan/KBR)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close