Friday, September 18, 2020
Home Head Line PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF CORONA TINGGAL SATU, SETELAH LIMA ORANG DINYATAKAN SEMBUH DARI...

PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF CORONA TINGGAL SATU, SETELAH LIMA ORANG DINYATAKAN SEMBUH DARI COVID-19

KECEMASAN PUBLIK MULAI BERGESER KE PERSOALAN EKONOMI

PURWAKARTA (eNPe.com) – Lima pasien terkonfirmasi positif Corona dinyatakan sembuh. Menurut satu pejabat, kini pasien yang positif terpapar Covid-19 tinggal satu orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Purwakarta dr. Deni Darmawan menyatakan hal itu kepada sejumlah media masa kemarin (13/6/20).

“Telah terjadi pergeseran kecemasan masyarakat, dari semula cemas oleh tekanan wabah Corona menjadi cemas oleh keadaan ekonomi.” (Hasil Survey LSI Denny JA).

“Dengan adanya perkembangan ini, maka secara kumulatif jumlah warga yang terkonfirmasi positif sebanyak 31 orang. Telah dinyatakan sembuh sebanyak 29 orang. Ada 1 orang yang positif telah meninggal dunia. Jadi, kini hanya satu orang masih dalam proses perawatan dan karantina,” kata dokter Deni.

Pihaknya menambahkan, warga dengan status ODP juga berkurang dua orang, sementara pasien dengan status PDP juga turun satu warga. Kini jumlah warga ODP menjadi 16 orang dan pasien PDP tinggal delapan warga,” jelas Deni.

KECEMASAN EKONOMI

Sementara itu, rilis dari hasil survey LSI Denny JA menyebutkan bahwa telah terjadi pergeseran kecemasan masyarakat dari semula akibat wabah Corona menjadi kecemasan ekonomi.

Rully Akbar, peneliti dari LSI Denny JA mengatakan ada beberapa alasan kecemasan ekonomi masyarakat itu.

Misalnya, menurut Rully, adanya kemampuan ekonomi rumah tangga yang menurun. “Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berimbas pada pemasukan dan tabungan masyarakat yang menurun. Kecemasan masyarakat terhadap ekonomi rata-rata dirasakan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah,” jelasnya.

Mereka yang ada di sektor menengah bawah dan sektor informal inilah yang menjadi mayoritas populasi di Indonesia, ucapnya.

“Alasan lainnya yaitu masyarakat yang terkapar oleh ekonomi lebih besar jumlahnya. Berdasakan data Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) sebanyak 1,9 juta orang di PHK,” jelas Rully. (ril/PU).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

JEMBATAN DARURAT BODEMAN AKAN DIBANGUN DARI APBD PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2020

SUDAH DIAJUKAN ANGGARAN PERUBAHAN SEBESAR Rp 5 MILIAR PURWAKARTA (eNPe.com) - Jembatan Bodeman yang runtuh, menurut satu...

POLDA DAN KEJATI JABAR PERIKSA EMPAT PEJABAT DISTARKIM PURWAKARTA TERKAIT DUGAAN KORUPSI DI 11 PROYEK TERMASUK TAJUG GEDE CILODONG

KETUA KMP : "KAMI AKAN KAWAL SAMPAI TUNTAS." PURWAKARTA (eNPe.com) - Polda dan Kejati Jawa Barat...

TEST SWAB DI RS BAYU ASIH KINI BISA DALAM DUA JAM DIKETAHUI HASILNYA POSITIF CORONA ATAU TIDAK

SETELAH MENDAPAT BANTUAN MESIN PCR DARI GUGUS TUGAS PUSAT PURWAKARTA (eNPe.com) - Test swab -untuk tahu pasien...

SETELAH SEMPAT HABIS, PASIEN DENGAN STATUS PDP MUNCUL LAGI

TINGGAL DUA KECAMATAN YANG MASIH ZONA MERAH PURWAKARTA (eNTe.com) - Setelah sempat sembuh 100%, kini pasien dengan...