Head LineKriminalTajuk

PAK KAPOLRES, APAKAH LARANGAN OPERASI LANTAS DI JAM SEKOLAH MASIH BERLAKU?

PUBLIK begitu gegap gempita menyambut pidato Kapolres Purwakarta yang baru saat itu AKBP Matrius, yang melarang operasi lalu lintas di jam-jam sibuk di pagi hari. Kata Kapolres saat itu,”Biarlah masyarakat nyaman beraktivitas di pagi hari mengantar anak-anaknya.”

Meski, Kapolres saat itu memberi catatan, bahwa operasi penangkapan di pagi hari dibolehkan asal pelanggarannya berat.

Publik saat itu merespon luar biasa. Apresiasi masyarakat di dunia medsos bertebaran. Publik berlomba-lomba memberi lima jempol ke Kapolres yang baru itu. 

Tapi kini, dalam sebulan terakhir fenomena pak polisi menangkap pengendara motor dipagi hari sudah menjadi pemandangan biasa. Ada petugas Gojek ditangkap, ia diperiksa dan penumpang Gojek itu hanya sabar menunggu dengan kesal. Kita tidak tahu apa kesalahannya. Karena biasanya sopir Gojek itu selalu rapi, berhelem, berjaket, karena itu profesinya.

Ada kejadian di pertigaan SMP 5 tiba-tiba di tengah jalan pak polisi mencegat motor yang sedang melaju di tengah. Karena insidennya di tengah jalan, maka memicu kemacetan. Pak Polisi memaksa pengendara itu menepi, tapi sambil pura-pura menepi, Ia banting setir dan kabur. Yang menyaksikan itu hanya senyum-senyum saja.

Kini sudah dua kali, operasi resmi besar-besaran di pagi hari di dekat rel kereta. Sudah pasti memicu macet. Pak Polisi secara acak menyetop pengendara. Macet makin mengular, karena operasi itu persis di depan rel yang kita tahu tiap hari macet. Tanpa operasi saja macet, apalagi ada operasi di jam-jam sibuk orang tua mengantar anaknya.

Maka dari itu pertanyaan menjadi wajar ke Kapolres, apakah kebijakan Bapak masih berlaku? Melarang operasi Lantas di jam-jam sibuk di pagi hari? 

Publik sangat terganggu dengan operasi-operasi itu. Kita tahu tugas Polantas adalah memperlancar pengendara atau setidaknya membuat nyaman pemakai jalan.

ARTIKEL SERUPA  BESOK, SIDANG PERTAMA, GUGATAN TERHADAP BUPATI ANNE OLEH MANTAN KADES SUKATANI FARID RIDWAN

Atau apakah tidak bisa operasi itu dilakukan siang hari dan tidak di depan rel kereta? Apa urgensinya operasi Lantas itu dilakukan di jam sibuk dan di depan rel kereta?

Sebagai aparat negara, sudah saatnya Polri menghadirkan rasa nyaman bagi masyarakat Purwakarta. Bahwa pengguna jalan yang melanggar harus ditindak itu betul, tapi menindak tanpa memicu kerumitan baru bagi masyarakat itu jauh lebih penting. (KDR).

Tags

Related Articles

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *