BisnisHead Line

MESKI MULAI TANAM DI BEBERAPA TEMPAT, DISPANGTAN MENYATAKAN SORGUM BELUM MENJADI TANAMAN PRIORITAS

PADI DAN JAGUNG TETAP MENJADI TANAMAN UNGGULAN

PURWAKARTA (eNPe.com) – Meski sudah mulai ditanam di beberapa tempat, menurut satu pejabat, tanaman Sorgum belum menjadi tanaman prioritas. Menurutnya, padi dan jagung tetap yang diunggulkan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Pemkab Purwakarta Agus Rachlan Suherlan menyatakan hal ini kepada sejumlah media hari ini (16/6/20). “Sorgum akan kita kembangkan kalau daya serap pasarnya sudah tinggi. Tapi saya mengapresiasi penanaman Sorgum di Sukatani dan Sukasari,” jelas Agus.

“BUMDes mesti berkembang mandiri. Ini agar perputaran uang terjadi di desa-desa.” (Kepala DPMD Pemkab Purwakarta Jaya Pranolo).

Meski begitu, menurut Agus, Sorgum adalah salah satu tanaman pangan yang tahan di lahan kering dan berpotensi dikembangkan di Indonesia. “Sorgum memiliki kemampuan beradaptasi pada lahan marginal dan membutuhkan air relatif lebih sedikit karena lebih toleran terhadap kekeringan jika dibandingkan dengan tanaman pangan lain,” ujar Agus.

Menurut Agus, biji sorgum mempunyai kualitas nutrisi yang sama kualitasnya dengan jagung dan beras. “Di Purwakarta tanaman Sorgun telah dibudidayakan di Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani dan Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari,” katanya.

Agus mengapresiasi pemuda Sukasari yang tergabung dalam BUMDes telah mengelola sorgum menjadi bahan dasar kue dan lainnya. “Pengembangan sorgum ada di Sukasari tapi ada juga di Sukatani. Memang yang di Sukasari ini diinisiasi oleh BUMDes Sukasari,” ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Purwakarta Jaya Pranolo melakukan kunjungan kerja ke BUMDes di Sukasari. “Mereka mengembangkan budidaya tanaman Sorgum. Satu inovasi yang bagus dan patut didukung,” jelas Jaya.

Ia berharap BUMDes lain juga bisa mengembangkan inovasi yang lain sesuai potensi setempat. “BUMDes mesti mandiri agar perputaran ekonomi bisa berkembang di desa-desa,” jelas Jaya. (ril/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close