Head LineKriminalPemda

KPK DAN DUGAAN KORUPSI YPI INDORAMA, APA KABARMU

SKANDAL dugaan korupsi ini, bagi orang yang awam soal hukum, sangat mudah dibuktikan. Tapi, lembaga sehebat KPKpun nyaris tidak berkutik. Ada apa gerangan?

Dua bulan lalu Komunitas Masyarakat Purwakarta (KMP) secara resmi melaporkan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ke KPK. Kasus yang disodorkan KMP adalah pemberian dana hibah ke Yayasan Pendidikan Indorama (YPI) sebesar Rp 2,7 miliar.

Hibah oleh Bupati ini, berdasarkan audit BPK pada 2017 bermasalah. Setidaknya oleh tiga hal. Pertama, hibah ini cair tanpa proposal. Kedua, siapa penerima beasiswa daftarnya gelap gulita. Ini kata BPK dari hasil audit pada 2017. Ketiga, memberi hibah ke YPI Indorama itu seperti kurang kerjaan. Perusahaan ini kaya raya dan mapan. Ini seperti menggarami laut, atau YPI memang terlalu serakah? Kita tidak tahu. Padahal dalam rentang waktu yang sama, ratusan pesantren ngantri hanya untuk mendapatkan dana hibah dari Pemkab ini, dan mayoritas hanya bisa gigit jari.

Kedekatan Dedi Mulyadi dengan Ali Aman Saragih, dari YPI Indorama, siapapun tahu. Maka menjadi wajar, aroma “perselingkuhan” dalam pencairan dana ini diduga sangat kental.

Kini publik ingin tahu, sejauh mana skandal dugaan korupsi dana hibah ini tuntas. Ketua KMP Zaenal Abidin sudah memutuskan akan menuntaskan kasus ini setuntas-tuntasnya.

Ini skandal dugaan korupsi yang kasat mata, terang benderang di mata siapapun. KPK perlu meyakinkan publik bahwa lembagasuper body ini masih keren dan joz dalam urusan memberangus para koruptor kakap.

KMP juga perlu fokus, berkomitmen penuh, gigih pantang menyerah dan disiplin dalam mengawal kasus ini. Karena ibarat mandi sudah telanjur basah. Jangan sampai Kredibilitas KMP jadi letoy bin sotoy seperti lembaga antikorupsi lain di Purwakarta akibat tidak pernah tuntas mengurus kasus korupsi di sini, atau sudah mulai “berselingkuh” dengan penguasa. (KDR).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close