FeaturesPemdaStraight News

KORBAN PUTING BELIUNG DI KIARAPEDES, SUDAH 16 HARI TIDAK DIBANTU PEMKAB PURWAKARTA

BANTUAN ANGGARAN BENCANA TIDAK ADA

PURWAKARTA (newspurwakarta.com) – Musibah angin puting beliung yang menerjang Desa Margaluyu, Kecamatan Kiarapedes -Purwakarta, menghancurkan 3  rumah dan 33 rumah rusak ringan. Menurut satu politisi PKS, hampir 16 hari belum ada bantuan apapun dari Pemkab Purwakarta.

UST ABDUL HADI WIJAYA

“Kita tentu sangat prihatin. Kejadian ini sejak 16 Februari 2019 pukul 15 20 WIB belum mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Purwakarta,” jelas Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Ust Abdul Hadi Wijaya, saat meninjau lokasi, pekan lalu.

Ust Ahad, sapaan Abdul Hadi menyayangkan pemerintah Kabupaten Purwakarta tidak cepat tanggap bencana.

“Sudah 16 hari setelah kejadian bantuan dari pemerintah masih belum ada. Padahal, beberapa saat setelah musibah terjadi, warga sudah meminta bantuan pemerintah. Namun, laporan warga terkendala masalah administratif,” katanya.

Pantauan di lapangan, warga yang rumahnya rusak berat membiarkan bangunannya berantakan. Bekas atap, kayu, bekas dinding yang roboh dibiarkan begitu saja.

Sejumlah warga berinisiatif mengerjakan apa yang bisa. Mereka hidup ala kadarnya, tanpa bantuan dari siapapun.

“Kasus seperti ini tentu kita prihatin. Ada warga yang kena bencana, tapi tidak ada respon apapun dari Pemkab. Ini kejadian yang luar biasa,” jelas Ust  Ahad.

PEMKAB TIDAK ADA ANGGARAN

Menanggapi hal tersebut, Kabid Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulanagn Bencana Kabupaten Purwakarta, Adang Syarif Hidayat mengatakan, pihaknya bukan tidak cepat tanggap.

“Kami tidak punya anggaran untuk bantuan. Dinas kami hanya diberikan anggaran untuk sosialisasi. Oleh karena itu, untuk bantuan lainnya kami sudah ajukan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Hingga kini, menurut Adang, bantuan dari Pemprov itu belum turun. (fan/KBR).

Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *