BisnisHead LinePemda

KMP PERSOALAN JAM LEMBUR BURUH DI PABRIK-PABRIK YANG LANGGAR UU

BURUH PEREMPUAN DIPAKSA KERJA SAMPAI 15 JAM PER HARI

PURWAKARTA (eNPe.com) – Lembur kerja buruh perempuan sampai 7 jam per hari mendapat protes dari Komunitas Peduli Purwakarta (KMP). Menurut Ketua KMP, UU hanya membolehkan buruh kerja lembur per hari paling lama 3 jam.

“Ini kerja rodi zaman Belanda. Perusahaan di Purwakarta banyak yang memaksa buruhnya lembur sampai lebih dari 3 jam. Ini melanggar UU dan Keputusan Menteri. Hal seperti ini yang akan kami advokasi agar aparat penegak hukum bertindak tegas,” jelas Ketua KMP Zaenal Abidin hari ini (11/10) kepada eNPe.com.

ZAENAL ABIDIN

Menurut Zaenal, perusahaan-perusahaan itu telah melanggar UU dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja. “Berdasarkan UU No 13 Tahun 2003, pasal 78 diatur bahwa kerja lembur hanya bisa dilakukan apabila ada perintah dari perusahaan dan disetujui oleh karayawan. Jadi tidak bisa main paksa seperti sekarang terjadi di banyak pabrik garmen di Purwakarta,” jelas ZA sapaan Zaenal.

Ia menambahkan, dalam Permenaker No 102 Tahun 2004 di sana diatur bahwa kerja lembur bagi buruh hanya dibolehkan 3 jam per hari. “Ini pelanggarannya kasat mata dan terang terangan,” jelasnya.

DISNAKERTRANS MEMBIARKAN

Menurut Zaenal, pelanggaran soal lembur terjadi karena Disnakertrans Pemkab Purwakarta lemah dalam pengawasan. “Bahkan kepala Dinasnya patut dicurigai membiarkan kasus ini terjadi. Ini yang akan kami pertanyakan,” jelas ZA.

Pihaknya berharap aparat hukum ambil langkah untuk menertibkan berbagai pelanggaran ini. “Kami akan koordinasi dengan Kejari Purwakarta untuk mencermati soal ini. Ini kerja rodi yang selama ini berjalan bertahun-tahun,” jelasnya.

Dari hasil penelusuran KMP, menurut Zaenal, pelanggaran kerja lembur hampir terjadi di semua perusahaan di Purwakarta. “Kita akan persoalkan kasus ini agar tidak terjadi lagi pelanggaran dalam urusan lembur,” ujar Zaenal.

Kepala Disnakertrans Pemkab Purwakarta Titov Firman ketika dikonfirmasi soal ini tidak merespon. Pertanyaan yang dikirim melalui saluran whatsapp dan sms tidak dijawab oleh yang bersangkutan. (bay/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close