Head LinePemdaPolitik

KETUA KPP MUNAWAR CHOLIL : “TERPILIHNYA RYAN OCTAVIA ADALAH HAK SUBJEKTIF BUPATI”.

RYAN OCTAVIA MENDAPAT TOTAL NILAI PALING RENDAH, TAPI TERPILIH SEBAGAI KADIS PU

PURWAKARTA (eNPe.com) – Meski hasil Open Bidding menempatkan nama Ryan Octavia pada urutan terendah, tapi Bupati memilihnya sebagai Kadis PU, Bina Marga dan Pengairan. Ketua Komunitas Peduli Purwakarta (KPP) menegaskan, meski tidak mengejutkan, terpilihnya Ryan Octavia adalah hak subjektif Bupati.

Ketua KPP Munawar Cholil menegaskan hal itu kepada eNPe.com hari ini (7/2). “Kalau dari cerita di internal mereka, dugaan permintaan uang sejak awal sudah dilakukan. Jadi mereka yang ikut open bidding itu adalah mereka yang secara tidak langsung memang menyadari akan kondisi itu. Banyak juga yang menolak,” jelas Cholil.

“Terpilihnya Ryan membuktikan dugaan jual beli jabatan masih dominan. Dan itu subjektifitas Bupati,” jelas Munawar Cholil.

Ia menambahkan, sampai pukul 10.00 beberapa jam sebelum pelantikan, nama-nama siapa pejabat terpilih belum ketahuan. “Saya tanya pejabat tinggi di Setda menjawab belum tahu,” jelasnya.

Sementara itu, pengurus KPP yang lain menambahkan, hari ini Dedi Mulyadi, Purwanto sebagai Kadis Pendidikan dan Asep Supri sebagai Kepala BKSDM serta beberapa calon Kadis ramai-ramai ikut acara bagi-bagi beras. “Dugaan kami dikegiatan itulah siapa yang jadi kepala dinas ditentukan,” jelasnya.

Sejumlah pejabat di Pemkab Purwakarta mengaku sangat terkejut dengan terpilihnya Ryan. “Banyak yang terkejut dengan terpilihnya Ryan,” jelas Satu Kabid di kantor Setda Purwakarta.

Sementara itu, Ketua Amarta Tarman Sonjaya mengaku tidak kaget dengan terpilihnya Ryan. “Ryan itu ikut open biding untuk Dinas PU untuk kedua kalinya. Saya kira dengan pengalaman gagal pada tahap pertama, Ryan telah menyiapkan ‘segalanya’ makanya dia menang,” jelasnya.

RYAN RANKING TERENDAH

Sementara itu, dari catatan eNPe.com nilai Ryan Octavia menempati urutan terendah, dalam tiga nama besar yang lolos diujian akhir. Bahkan Ryan di semua hasil uji tes tidak ada yang ranking satu.

Hasil akhir uji untuk semua jenis materi, Hariman Budi Anggoro, Sekdis PU, Bina Marga dan Pengairan menempati urutan pertama dari total nilai sebesar 263,62. Urutan Kedua ditempati Iwan Soeroso sebesar 260,45. Sedangkan Ryan menempati urutan ketiga sebesar 254.

Di semua jenis ujian, Ryan tidak pernah menempati urutan pertama. Pada Uji Kompetensi Iwan mendapat nilai 95,9, Hariman 95,7, dan Ryan hanya 88,5. Pada Uji wawancara, Hariman mendapat 84,55, Ryan 82,9 dan Iwan 82,65. Sementara hasil Uji Makalah Hariman mendapat 83,37, Ryan 82,6 dan Iwan 81,9.

Sementara pejabat lain yang terpilih adalah ; Kadis Perhubungan ditempati oleh Iwan Soeroso, Kadis Kesehatan Deni Darmawan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jaya Pranolo dan Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Mohamad Ramdhan.

“BUPATI ANNE MENYATAKAN PEJABAT TERPILIH ADALAH MEREKA YANG MENEMPATI RANKING PERTAMA, PADAHAL RYAN OCTAVIA MENEMPATI RANKING TERENDAH”.

Sementara itu, Bupati Anne Ratna Mustika menegaskan bahwa terpilihnya lima pejabat baru ini adalah mereka yang mendapat ranking satu. “Jadi mesti saya mendapat hak prerogatif untuk memilih dari tiga besar, tapi saya tetap memilih yang terbaik dari yang baik,” jelas Anne. (nur/ril/PU).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close