BisnisHead LinePemda

KETUA KPP MUNAWAR CHOLIL: “SOAL HAK WARGA MENDAPAT PJU, MESTINYA BUPATI MEMPRIORITASKAN HAK MASYARAKAT.”

PURWAKARTA (eNPe.com) – Bupati Anne, menurut satu aktivis LSM antikorupsi, mestinya memprioritaskan hak warga untuk mendapat Penerangan Jalan Umum (PJU). Karena, menurutnya, asal dana PJU itu dari tarikan iuran listrik warga.

Ketua Komunitas Peduli Purwakarta (KPP) Munawar Cholil menegaskan hal itu kemarin (13/2) menanggapi polemik soal dana PJU yang besar, tapi hampir sebagian besar jalan di desa-desa gelap gulita.

“Kalau setiap tahun ada dana Rp 66 miliar, tentunya ironis kalau kemudian kondisi jalan utama di desa-desa masih gelap gulita,” jelas Cholil.

“Pajak PJU berasal dari tarikan uang warga, maka dari itu mestinya warga mendapat prioritas untuk mendapat PJU. Ini agar Purwakarta terang benderang.” (Munawar Cholil, Ketua KPP)

Dinas terkait, menurut Cholil, mestinya fokus saja membuat jalan utama di Desa-desa menjadi terang benderang. “Perlu diingat, andil masyarakat desa dalam pajak PJU itu ada. Jadi kalau yang terang hanya di kota, maka itu sama saja orang Desa menyubsidi orang kota,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati selama ini menerima pajak PJU sebesar Rp 66 miliar per tahun. Dana ini adalah hak warga untuk mendapat penerangan jalan umum. Tapi kenyataannya, di desa-desa jalan utamanya masih banyak yang gelap gulita.

Ketua LSM Amarta Tarman Sonjaya mempertanyakan alokasi dana ini ke mana saja selama ini. “Kalau untuk membayar tagihan listrik per tahun Rp 14 miliar, itu artinya dana itu masih sisa banyak. Terus selama ini digunakan untuk apa. Kenapa hak warga untuk mendapat PJU diabaikan,” jelas Tarman.

Sementara itu Cholil menambahkan pajak PJU adalah komponen PAD. Maka dari itu begitu masuk kemudian dikelola oleh Pemkab. “Maka dari itu, meski asalnya dari pajak PJU yang ditarik 3% dari tagihan listrik, uang itu boleh digunakan untuk apa saja,” jelasnya.

ARTIKEL SERUPA  DI DAPIL I PURWAKARTA, PPP DAPAT 1 KURSI, PKS JUARA 2

Cuma ya itu, kata Cholil,”Mestinya hak warga untuk mendapat PJU lebih diprioritaskan.” (bay/PU)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker