BisnisHead LinePemda

JEMBATAN DARURAT BODEMAN AKAN DIBANGUN DARI APBD PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2020

SUDAH DIAJUKAN ANGGARAN PERUBAHAN SEBESAR Rp 5 MILIAR

PURWAKARTA (eNPe.com) – Jembatan Bodeman yang runtuh, menurut satu pejabat Pemkab Purwakarta, akan dibangun lagi pada tahun ini. Jembatan ini bersifat darurat, agar arus lalu lintas bisa normal kembali.

Kepala Dinas PU, Bina Marga dan Pengairan (DPUBMP) Pemkab Purwakarta Ryan Octavia, MT menyatakan hal itu kepada eNPe.com semalam (25/6/20). “Prinsipnya kita upayakan tahun ini jematan darurat sudah berdiri. Sehingga arus lalu lintas ini kembali normal. Tapi jembatan ini hanya untuk mobil saja, bukan alat angkut yang berat,” jelas Ryan.

“Kita akan bangun jembatan darurat dulu, yang penting arus lalu lintas segera normal. Kita targetkan akhir tahun ini selesai.” (Kepala Dinas PUBMP Ryan Octavia, MT).

Sementara itu, Sekretaris DPUBMP Arif Budiman, MM menyatakan dinas sudah mengusulkan anggaran untuk membangun jembatan darurat ini pada APBD Perubahan 2020. “Kita mengajukan anggaran untuk kepentingan ini sebesar Rp 5 miliar,” jelasnya.

Pihaknya menargetkan pada akhir 2020 jembatan darurat ini sudah selesai. “Dengan begitu, arus lalu lintas kembali normal,” jelasnya.

Jembatan Bodeman pada April 2020 lalu ambruk. Dalam peristiwa ini, satu orang meninggal dan empat lainnya luka-luka. Jembatan ini dibangun oleh CV Karya Indah milik Mamat Bangbrang.

Kini kasus ini sedang ditangani oleh Polres Purwakarta. Untuk menyelidiki penyebab ambruknya jembatan ini, Dinas PUBMP juga telah meminta Pusjatan untuk mengkaji soal ini. Hingga kini Pusjatan belum mengeluarkan hasil studinya.

Ryan menambahkan, untuk mempersiapkan pembangunan jembatan darurat itu, kini pihaknya menyiapkan dua kegiatan. “Pertama perencanaan dan kedua pembangunan fisiknya,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa sambil berproses menyelesikan jembatan darurat ini, dinas juga membuat perencanaan untuk jembatan permanennya. “Kita ingin sempurna di aspek perencanaan agar hasilnya baik,” jelasnya. (ril/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close