FeaturesKecamatanKriminalPemdaPolitik

IJAZAH PAKET C AMING DIDUGA BERMASALAH

PURWAKARTA (newspurwakarta) – Ijazah salah satu calon wakil Bupati Purwakarta, diduga bermasalah. Saat mendaftar, ijazah itu dilegalisir oleh lembaga yang tidak berwenang. Sementara tandatangan pemberi legalisir di Dinas Pendidikan Purwakarta, diduga dipalsukan.

Satu sumber penting newspurwakarta yang mengetahui masalah ini menurutkan hal ini pekan lalu di Purwakarta. “Yang menarik, KPU tahu kalau ini bermasalah tapi tetap diloloskan,” kata sumber yang sama.

Ia menuturkan bahwa aturan pemerintah, ijazah paket C, persamaan setingkat SMA, mestinya yang melegalisir adalah Dinas Pendidikan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Tapi saat mendaftar, menurutnya, Aming melegalisir ijazah paket C di kantor Dinas Pendidikan Pemda Purwakarta. “Jadi ini masalah serius,” katanya.

Kenapa Aming tidak melegalisir ijazah Paket C ke Pemprov? Menurut sumber yang sama, Aming diduga tidak mengantongi surat penting sebagai bukti kelulusan. “Jadi kalau mau legalisir ke Pemprov mesti menunjukan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). Karena Aming diduga tidak mengantongi SKHUN ini, makanya dia tidak bisa minta legalisir ke Pemprov,” katanya.

Untuk mendapatkan SKHUN, menurutnya, yang bersangkutan harus pernah mengikuti proses belajar mengajar. Harus pernah mengikuti ujian. Saat ujian, yang bersangkutan harus tahu, siapa yang duduk di depannya, di belakangnya, di samping kanan dan kiri. Saat ujian juga di ruangan dipasang CCTV, jadi tidak bisa bohong. “Silahkan simpulkan sendiri, kenapa Aming tidak berani melegalisir ijazahnya ke Pemprov,” katanya.

Sebelumnya, Aming maju sebagai kandidat wakil Bupati Purwakarta berpasangan dengan Ambu, isteri mantan Bupati Dedi Mulyadi. Dalam biodata yang disodorkan ke KPU, Aming hanya lulusan SD. Sedangkan ijazah SMP dan SMA diperoleh dari Kejar Paket B dan C.

TANDA TANGAN PALSU

Yang menarik, dari penelusuran newspurwakarta, pejabat di Dinas Pendidikan Purwakarta yang menandatangani ijazah paket C Aming mengaku tandatangannya diduga dipalsukan. “Sempat membuat susana tegang di Dinas,” kata sumber yang sama.

Calon Wakil Bupati Purwakarta, Aming, saat dikonfirmasi melalui whatsapp dan sms hingga berita ini diturunkan belum mau menjawab. Kepada haji Aming, newspurwakarta mengirim dua pertanyaan. Pertama, kenapa haji Aming tidak berani melegalisir ijazah paket C ke Pemprov Jawa Barat. Kedua, apa karena haji Aming tidak pernah ikut ujian sehingga tidak mengantongi SKHUN? Sayang, Aming diam seribu bahasa.

Sementara Ketua KPUD Purwakarta juga belum memberi penjelasan terhadap pertanyaan yang diajukan newspurwakarta melalui pesan whatsapp maupun sms. Kepada Ketua KPU newspurwakarta menanyakan kenapa KPU meloloskan haji Aming, padahal persyaratan ijazah bermasalah? Hingga berita ini turun, Ketua KPU hanya diam saja.(rid/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close