BisnisHead LineKriminal

GALIAN TAMBANG MASIH BEROPERASI, KMP AKAN TUNTUT BUPATI DAN PENGUSAHA SECARA PIDANA DAN PERDATA

BUPATI REMEHKAN REKOMENDASI KETUA DPRD PURWAKARTA

PURWAKARTA (eNPe.com) – Galian liar tak berizin milik H Entis di Desa Cirende Kecamatan Campaka masih beroperasi hingga semalam. Ketua KMP menegaskan lembaganya akan menuntut Bupati dan pengusaha baik secara pidana maupun perdata.

Ketua KMP Zaenal Abidin mengaskan hal itu kepada eNPe.com hari ini (27/1) di kantornya. “Bupati tidak berani menutup karena patut diduga pengusaha sudah telanjur keluar duit banyak. Ini bentuk gratifikasi dan ini pidana,” jelas Zaenal.

ANNE RATNA MUSTIKA

Menurutnya, pejabat yang tidak menjalankan tupoksinya bisa masuk pidana dan perdata. “Apalagi kalau dikaitkan UU lingkungan. Mereka merusak dan tidak mengantongi izin. Ini Bupati juga diam saja,” jelas ZA, sapaan akrab Zaenal.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemprov Jawa Barat menegaskan bahwa tambang pasir milik Haji Entis, Ahin dan Asep Abdulloh tidak mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP).

BUPATI ABAIKAN KETUA DPRD

Ketua DPRD Purwakarta Ahmad Sanusi menyatakan prihatin dengan belum ditutupnya galian pasir liar itu. “Kami masih berharap Bupati berani ambil langkah tegas dan cepat,” jelas Ahmad.

Ia menegaskan, upaya menertibkan galian tambang liar harus diteruskan sampai tuntas. “Jadi jangan kasih ruang mereka,  berusaha tapi tanpa izin,” jelas Amor, sapaan Katua DPRD itu.

AHMAD SANUSI

Sehari sebelumnya, Ahmad Sanusi sudah meminta agar Bupati jangan ragu untuk menutup tambang-tambang itu. “Kita ingin semua usaha di Purwakarta mesti prosedural,” jelasnya.

Sementara itu, Zaenal menambahkan, dengan masih beroperasinya tambang-tambang itu, berarti Bupati abaikan rekomendasi Ketua Dewan. “Tentu ini memprihatinkan. Di unsur Muspida saja sudah banyak kepentingan,” jelas ZA.

Sekda Pemkab Purwakarta Iyus Permana, sebelumnya menjanjikan akan segera menutup semua tambang liar di Purwakarta. Tapi hingga kini, pernyataan Iyus hanya memberi harapan kosong saja kepada masyarakat. (ril/PU).

ARTIKEL SERUPA  SEBARAN CORONA DI PURWAKARTA DENGAN STATUS PDP NAIK 100%. AKHIRNYA PASIEN POSITIF CORONA SEMBUH.
Tags

Related Articles

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *