Head LineJabar

FASE NEW NORMAL MASJID BOLEH DIBUKA, BAGI YANG GAGAL BISA KEMBALI KE KEBIJAKAN PSBB

BUPATI ANNE TEGASKAN SEKOLAH TIDAK DIBUKA DULU

BANDUNG (eNPe.com) – Memasuki fase new normal, menurut Gubernur Jabar, semua masjid boleh dibuka lagi. Tapi jika pada fase ini wabah malah berkembang, maka di daerah itu bisa kembali ke fase Permbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan hal itu kemarin (30/5/20) kepada sejumla Media di Bandung. “Kita memutuskan ada dua kebijakan soal new normal, ada 15 Kabupaten/Kota yang menerapkan new normal karena sudah masuk zona biru. Sisanya tetap PSBB,” jelas Gubernur.

“Pada fase new normal, sekolah tetap libur. Kami tidak mau ambil risiko. Apalagi di Purwarta wabah Corona belum stabil masih ada 16 pasien yang terkonfirmasi positif Corona.” (Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika).

Menurutnya ada enam hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan new normal. “Pertama waktu pelaksaaannya diserahkan ke Pemkab/Pemkot masing-masing. Yang bisa 1 Juni silahkan, yang belum siap jangan dipaksakan,” jelasnya.

Kedua, menurut Gubernur, pusat aktivitas warga dibuka bertahap, tidak boleh langsung membuka seluruh pusat aktivitas secara serentak. “Pada fase ini, ada tiga tahapan. Pertama adalah pembukaan rumah ibadah. Kedua adalah pengoperasian sektor ekonomi. Pada tahap ini, sektor ekonomi yang boleh beroperasi adalah yang memiliki resiko penyebaran Covid-19 kecil. Dan tahap ketiga baru untuk retail dan shopping mall, pokoknya yang bersifat hilir mudik orang keluar masuk. Ini adalah sektor ekonomi resiko tinggi,” ungkapnya.

Ketiga, menurut Emil, mall harus menyertakan surat pernyataan. “Isinya menyatakan bahwa pihak mall memahami protokol kesehatan. Kami juga meminta ada satu orang yang ditugaskan sebagai Gugus Tugas Covid-19 di toko itu,” jelas Ridwan.

Keempat, jelas Ridwan Kamil, sekolah tetap tutup, seluruh aktivitas sekolah belum diperbolehkan untuk dibuka. “Hal tersebut dilakukan untuk melindungi anak-anak yang dinilai masih rentan terpapar bila kembali beraktivitas dalam suasana sekolah yang ramai,” jelasnya.

Kelima, ujar Gubernur, akan hadir rapid test keliling berlangsung di 15 daerah di atas. “Nantinya akan hadir ambulan berbentuk mobil keliling yang isinya membawa alat-alat rapid test,” jelasnya.

Dan keenam, menurut Emil, Pemkab/Pemkot yang gagal kendalikan wabah di fase new normal bisa kembali ke PSBB. “Jadi jangan dikira itu tidak bisa terjadi. Kalau malah mundur kondisinya ya kembali ke PSBB,” jelas Emil.

SEKOLAH TETAP LIBUR

Sementara itu Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menegaskan new normal akan diterapkan pada 7 Juni 2020. “Tapi untuk sekolah akan tetap libur,” jelasnya.

Anne mengaku tidak mau ambil risiko. “Usia anak itu sangat rentan. Apalagi tren wabah Corona di Purwakarta belum stabil. Masih ada 16 pasien yang terkonfirmasi positif,” jelas Ambu.

Sementara itu data dari Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Purwakarta menyebutkan jumlah warga dengan status ODP kemarin turun dari 23 menjadi 22 orang. Pasien dengan status PDP juga turun dari 16 menjadi 14 pasien. Sedangkan yang terkonfirmasi positif Corona tetap 16 warga. (ril/KDR).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close