BisnisHead LineKriminal

DIPECAT SEPIHAK, PEMUDA PANCASILA LAPORKAN PT VALESTO INDONESIA KE POLISI

DIDUGA PERUSAHAAN PALSUKAN SURAT PENGUNDURAN DIRI KARYAWAN

PURWAKARTA (eNPe.com) – MPC Pemuda Pancasila (PP) Purwakarta melaporkan PT Valesto Indonesia ke Polres Purwakarta. Langkah ini diambil, menurut Wakil Ketua MPC PP Purwakarta, karena perusahaan diduga telah memalsukan tanda tangan surat pengunduran diri salah satu karyawannya.

Wakil Ketua MPC PP Purwakarta Asep Kurniawan menjelaskan hal ini kepada eNPe.com semalam (23/10). “Perusahaan ini memecat secara sepihak anggota kami Warman Adi Pura dengan cara memalsukan surat pengunduran diri. Ini tindak pidana. Makanya PP kemudian buat LP ke Polres,” jelas Fapet sapaan akrab Asep.

Warman Adi Pura, warga Perum Purnayuda, Desa Ciwangi Kecamatan Bungursari harus menerima nasib sial  diberhentikan secara sepihak oleh perusahaan tempat dia bekerja.

Tanpa alasan yang jelas, pria berusia 27 tahun itu harus keluar sebagai karyawan kontrak di PT Velasto Indonesia. Perusahaan yang beralamat di Desa Kertamukti Kecamatan Campaka itu memproduksi sparepart kendaraan.

SURAT YANG DIPALSUKAN

“Saya juga tidak mengerti alasan perusahaan. Kontrak saya setahun. Baru sembilan bulan kerja sudah diberhentikan tanpa alasan yang jelas,” kata Warman.

Pria satu anak itu merasa dizdolimi perusahaan. Ia meminta pihak terkait membantu menyelesaikan permasalahannya. Pasalnya hal ini tidak hanya menimpa dirinya. “Hal serupa juga menimpa karyawan kontrak lainnya,” tuturnya.

Asep mengatakan perusahaan pada dasarnya tidak bisa berbuat sewenang-wenang terhadap pekerja, kendati yang bersangkutan sebagai pekerja tidak tetap (outsourcing).

“Hasil uji materil terhadap UU 13/2003 mengisyaratkan, bagi para pekerja tidak tetap untuk tidak diberhentikan di tengah jalan, karena kesewenang-wenangan pihak perusahaan,” katanya.

Menurut Fapet, walau pekerjanya tidak tetap, tapi pekerjaannya itu sendiri bersifat tetap, maka perusahaan tidak bisa memutus hubungan kerja di tengah jalan.

“Sebagai contoh pekerjaan cleaning service. Profesi tersebut merupakan pekerjaan yang sifatnya tetap, sehingga perusahaan tidak boleh mempekerjakan karyawan dengan status outsourcing. Berbeda dengan buruh bangunan yang bekerja jika ada yang menyuruh alias tidak tetap,” tuturnya.

ARTIKEL SERUPA  MENIKMATI FESTIVAL JAZZ JATILUHUR YANG JOZ GANDOS BANGET ... NGET ... NGET ...

Sementara itu Rangga, HRD PT Valesto Indonesia hingga berita ini turun upaya konfirmasi yang dilakukan media ini tidak direspon. Pertanyaan yang dikirim melalui saluran sms dan whatsapp tidak ditanggapi. (ril/PU).

Tags

Related Articles

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *