BisnisHead LinePemda

DIBANGUN ASAL-ASALAN, JEMBATAN CIHAMBULU SENILAI Rp 11 MILIAR, DUA TAHUN MANGKRAK

KEPALA DINAS BINA MARGA HARUS BERTANGGUNG JAWAB

PURWAKARTA (eNPe.com) – Jembatan Cihambulu yang berada di Desa Cijunti Kecamatan Campaka Purwakarta sudah dua tahun kondisinya rusak berat. Menurut Ketua Komunitas Peduli Purwakarta (KPP) hal itu terjadi akibat jembatan itu dibangun asal-asalan.

Munawar Cholil, Ketua KPP menegaskan hal itu kemarin (3/9). “Itu bisa dipastikan menyalahi bestek. Masa jembatan baru enam bulan sudah longsor begitu,” jelas Munawar.

JEMBATAN CIHAMBULU HANYA BERTAHAN ENAM BULAN, SEJAK NOVEMBER 2017 JEMBATAN INI RONTOK

Untuk itu, pihaknya meminta siapapun yang bersalah dalam pembangunan jembatan ini harus diproses secara hukum. “Ini uang negara, mesti dipertanggungjawabkan dengan benar,” ujarnya.

Jembatan Cihambulu menghubungkan antara Purwakarta dan Subang. Jembatan ini melintas di atas sungai Cilamaya. Pada Maret 2017 jembatan ini sudah jadi. Tapi enam bulan sejak itu bagian jembatan ambrol, tanah penahan di sisi kanan kiri longsor. Bangunan beton pun hancur terbelah.

KADIS BINA MARGA HARUS BERTANGGUNG JAWAB

Sementara itu, Sekretaris Komunitas Masyarakat Purwakarta (KMP) Awod Abdul Gadir menyatakan jembatan itu dibangun oleh Asep Betel. “Tapi kalau ada kasus seperti ini maka yang bertanggung jawab itu pelaksana, pengawas dan kepala dinas. Bagian perencanaan teknis juga wajib bertanggung jawab,” jelasnya.

Menurut Awod, Dinas Bina Marga selama ini mengabaikan kasus ini. “Ini terbukti 2,5 tahun jembatan ini dibiarkan hancur pondasinya,” jelas. Awod.

Hancurnya tiang penyangga, menurut mantan Ketua PAN Purwakarta ini, lebih disebabkan aspek perencanaan yang kurang matang. “Pelaksana juga melanggar bestek. Itu sudah pasti,” jelas Awod.

Menurut Awod, selama ini Kadis Bina Marga selalu merasa benar. “Ini patut diduga suka main mata dengan aparat hukum. Makanya, mumpung kasusnya kasat mata begini, mestinya diusut sampai tuntas,” jelas Awod.

Pangamatan media ini kemarin di lokasi, kondisi jembatan masih dibiarkan rusak. Mobil yang melintasi jembatan itu hanya bisa jenis mobil kecil. Menurut penjaga warung yang persis ada di lokasi jembatan, kondisi seperti itu sudah lama terjadi. “Bisa dipakai hanya enam bulan, setelah itu hancur dan dibiarkan begitu saja hampir dua tahun,” katanya.

ARTIKEL SERUPA  ASEP BETEL JANJIKAN AKHIR 2019 JEMBATAN CIHAMBULU SELESAI DIPERBAIKI

Asep Betel ketika dikonfirmasi melalui sambungan whatsapp hanya menjawab,”Tidak tahu.” Ia enggan menjelaskan lebih jauh kasus ini. (nur/KDR).

 

Tags

Related Articles

1 thought on “DIBANGUN ASAL-ASALAN, JEMBATAN CIHAMBULU SENILAI Rp 11 MILIAR, DUA TAHUN MANGKRAK”

  1. Maaf mohon klarifikasi itu bukan jembatan cihambulu tetapi jembatan yang menghubung antara kabupaten Purwakarta dan Subang yang di daerah tanjung garut Purwakarta dan desa bale Bandung jaya kabupaten Subang

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *