PemdaPolitikStraight News

CASTONO S.Ag, M.H : DESA MESTI MANDIRI SECARA EKONOMI

MAJU SEBAGAI CALEG PKB UNTUK DPRD PURWAKARTA, DI DAPIL II

SIAPA yang tidak mengenal Haji Castono, S.Ag, M.H. Sebagai Kades Bungursari, Ia termasuk paling populer. Kepopulerannya bukan tanpa alasan.

Selama menjabat, kepedulian terhadap masyarakatnya sudah terbukti. Ia juga kades yang peduli terhadap sesama Kades.

KAMPANYE DENGAN TINDAKAN NYATA MEMBANGUN JALAN

Dan ini yang penting, dalam bisnis juga menjadi Kades yang tajir. Haji Castonolah salah satu pemilik Hotel Harper di Cibungur Purwakarta.

Kini, Haji Ono, sapaan akrab Castono memutuskan untuk terjun ke Politik. Lulusan Sarjana Pendidikan Agama dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini ingin desa-desa di Purwakarta menjadi Desa mandiri secara ekonomi.

“Potensi untuk memandirikan desa itu tinggal menyentuh beberapa aspek penting dan itu tidak sulit,” jelas lulusan Pesantren Buntet Cirebon ini.

Haji Castono M.H berdalih bahwa UU Desa semangatnya sudah benar. Menciptakan desa agar mandiri. Anggaran tiap desa rata-rata Rp 1 miliar juga sudah jalan. “Belum soal sumber dana dari APBD Kabupaten dan Provinsi,” jelas bapak dari tiga anak ini.

Menurut pria kelahiran Brebes ini, yang menjadi masalah, kenapa ketika Desa begitu dimanja dengan berbagai dana desa, kondisinya tidak kunjung mandiri? Menurut mantan Kades Bungursari ini, sumber utamanya adalah soal SDM.

INGIN DESA DI PURWAKARTA JADI DESA MANDIRI SECARA EKONOMI

“Terutama SDM yang mengelola BUMDes. Ini benar-benar perlu di up grade,” jelasnya.

Bagi Castono, satu desa bisa mandiri kalau BUMDesnya berjalan bagus. Makanya, menurut Haji Ono, yang perlu dibenahi dulu adalah BUMDesnya.

“Selama ini banyak BUMDes punya modal, tapi bingung mau bisnis apa. Atau sudah bisa bisnis, tapi usahanya segitu-gitu saja. Di sinilah perlunya memberi pelatihan serius soal bagaimana mengelola bisnis, bagaimana membangun skill bisnis, bagaimana memasarkan, bagaimana membangun jaringan dan sebagainya,” tegasnya.

Jadi, kalau aspek SDM dibenahi dengan bagus, maka bisnis BUMDes itu akan tumbuh. “APBD harus mempu memfasilitasi berbagai pelatihan yang berorientasi penguatan kelembagaan BUMDes,” jelasnya.

Tanpa itu, jelas Haji Castono, jangan harap ada kemandirian di Desa. “Instrumen regulasi yang sudah bagus mesti diimbangi dengan penguatan SDM yang sungguh-sungguh,” jelasnya.

TRANSPARANSI ANGGARAN

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, jelas Kades yang pernah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat ini adalah, soal transparansi anggaran.

“Kita ingin ada alokasi anggaran yang seimbang. Baik untuk pembangunan fisik, pengembangan SDM pengusaha dan berfungsinys APBD sebagai stimulus bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” jelasnya.

HAJI CASTONO M.H

APBD, menurut Haji Castono, mesti bermanfaat bagi banyak orang. “Pengusaha kecil, menengah dan lokal mesti mendapat porsi yang lebih besar. Ini agar perputaran uang mesti ada di Purwakarta,” jelasnya.

Itulah pentingnya transparansi dalam pengelolaan anggaran, jelasnya. Bagi Castono, dengan transparansi, maka akan ada kontrol yang bagus. “Risiko kebocoran anggaran jadi bisa ditekan,” jelasnya.

Kini, Haji Castono sering blusukan ke desa-desa untuk memenangi pertarungan dalam Pileg ini. ia ada di Dapil II, yang terdiri dari Kecamatan Cibatu, Campaka, Bungursari dan Babakan Cikao.

Castono tidak sungkan untuk menggelontorkan uang untuk memperbaiki jalan desa, dari kantong sendiri. “Pertarungan di Dapil ini memang berat. Tapi ini bisa saya jalani dengan cinta dan ngopi-ngopi dengan relawan,” jelasnya.

Meski mengaku menghadapi lawan yang berat, Haji Castono mengaku optimistis bisa memenangi persaingan ini. “Tugas kita hanya ikhtiar maksimal. Soal hasil kita tawakal saja kepada Allah,” katanya.

Kades Castono juga dikenal sebagai aktivis anti korupsi. ia getol memperjuangkan gerakan anti korupsi di Purwakarta. Haji Castono adalah pengurus Komunitas Peduli Purwakarta (KPP), satu LSM yang fokus gerakaannya melawan berbagai dugaan korupsi di Purwakarta. (adv/PU).

Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *