PemdaPolitikStraight News

CALEG ZAENAL ABIDIN DARI PBB MEMINTA KPUD PURWAKARTA JAGA NETRALITAS

PURWAKARTA (newspurwakarta.com) – Caleg terkuat di Dapil 6 dari PBB meminta agar KPUD bisa bertindak netral dan profesional. Menurutnya, dugaan ketidaknetralan KPUD seperti yang terjadi pada Pilkada 2018 lalu jangan terulang pada Pileg 2019 ini.

Zaenal Abidin, Caleg terkuat dari Dapil Sukatani, Jatiluhur dan Sukasari menegaskan hal itu kepada newspurwakarta.com semalam (27/3). “Semua pihak harus sama- sama mengontrol kinerja KPUD agar benar-benar bisa netral dan profesional. Kalau mereka tidak netral maka akan banyak Caleg yang dirugikan,” jelas Zaenal.

ZAENAL ABIDIN, CALEG PBB TERKUAT DI DAPIL 6.

Ia menambahkan bahwa peluang KPUD untuk tidak netral begitu besar. “Mereka yang mengatur aturan main, mereka yang kuasai data dan sistem IT. Jadi potensi ketidaknetralan itu bisa saja terjadi,” jelas Za, sapaan akrab Zaenal.

Menurut Zaenal, yang juga mantan Ketua Tim sukses Pasangan Zalu, pengalaman pada Pilkada lalu sungguh pahit. “Kita saat itu tahu betul bagaimana KPUD dan Panwas diduga bermain. Kita bisa buktikan saat itu berbagai dugaan penggelembungan suara. Bisa kita buktikan kecurangan itu sistematis, terstruktur dan masif. Tapi kita tidak bisa berbuat apa-apa,” katanya.

Maka dari itu, menurut Zaenal, semua caleg harus ikut memantau kemungkinan tidak netralnya KPUD. “Kita awasi secara bersama-sama, sehingga peluang KPUD untuk tidak netral itu tidak ada,” jelasnya.

Apalagi, jelas Zaenal, satu mantan KPUD dan satu anggota Bawaslu sekarang pernah kena sanksi dari DKPP. “Secara moral mereka tidak punya kredibilitas. Tapi karena sistem rekrutmen di KPU dan Bawaslu masih mentolerir hal-hal seperti itu, ruang permainan yang dilakukan KPUD bisa saja menjadi terbuka. Inilah kenapa kita perlu mewaspadai potensi ketidaknetralan KPUD,” jelasnya.

Sementara itu Komisioner KPUD Purwakarta Salman menyatakan bahwa tidak usah ragu terhadap netralitas KPUD. Karena, menurut Salman, perlakuan KPUD terhadap peserta Pemilu itu sama.

ARTIKEL SERUPA  KADIS PMPTSP NURCAHYA MARAH-MARAH, DITANYA TENTANG IZIN PERUMAHAN ROYAL CAMPAKA

“Kalau ada Caleg yang menemukan indikasi ketidaknetralan KPUD, laporkan saja ke kami. Ini sebagai bentuk kontrol masyarakar, dan kami akan segera memperbaiki kekurangan itu,” jelas Salman. nur/KDR).

Tags

Related Articles

Beri Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *