Head LinePemda

BUPATI PURWAKARTA SIAP TERAPKAN “NEW NORMAL” MULAI 7 JUNI 2020

SEMENTARA PASIEN DENGAN STATUS PDP NAIK TERUS

PURWAKARTA (eNPe.com) – Kabupaten Purwakarta, menurut satu pejabatnya, siap menerapkan konsep new normal pada 7 Juni 2020 mendatang. Kebijakan ini tinggal menunggu Juknis dari Gubernur Jawa Barat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menegaskan hal ini kepada sejumlah awak media hari ini (28/05/20). “Kita sedang menyiapkan petunjuk teknis dalam memasuki fase ini,” jelas Anne.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan telah mengeluarkan buku panduan praktis tentang new normal. New normal menurut Menkes adalah bagaimana masyarakat mesti membiasakan diri hidup berdamai dan berdampingan dengan Corona, dengan menerapkan protokol kesehatan di semua lini kehidupan.

Standard WHO sendiri mensyaratkan bahwa new normal boleh diberlakukan bagi kawasan yang penanganan wabah Coronanya sukses atau setidaknya menunjukkan ke trend perbaikan menjadi zona hijau.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa Jabar siap menerapkan new normal. “Kita sedang siapkan petunjuk teknisnya,” jelas Emil sapaan akrab Gubernur, kemarin.

Sementara itu, Bupati Anne menambahkan, konsep new normal sudah disosialisasikan ke OPD-OPD. “Nanti kita akan normalkan kembali sistem kerja di OPD dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelas Anne.

Bupati menuturkan, kalau new normal sudah diterapkan, maka PSBB Komunal juga akan dihentikan. “Ini agar tidak tumpang tindih,” jelasnya.

Sebelumnya, Anne menyatakan bahwa PSBB Komunal yang diterapkan di Kecamatan Purwakarta Kota akan berakhir pada akhir Mei 2020.

“Protokol WHO mensyaratkan konsep New Normal boleh diterapkan hanya di kawasan yang penanganan wabah Coronanya sukses menjadi zona hijau.”

“Kami mengimbau supaya warga tetap menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah berlangsung selama ini. Seperti, kalau kemana-mana selalu menggunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun, dan tetap jaga jarak,” ujar Ambu sapaan Bupati.

JUMLAH PASIEN PDP TERUS BERTAMBAH

Pada kesempatan terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Purwakarta dr. Deni Darmawan menyatakan, hari ini ada peningkatan jumlah pasien dengan status PDP.

“Kalau hari kemarin naik dari 12 orang menjadi 17 orang. Sekarang naik lagi menjadi 19 pasien,” jelas Deni.

Sementara, kemarin Deni menyatakan ada lima pasien yang terkonfirmasi positif Corona telah dinyatakan sembuh. “Jadi jumlah pasien yang positif Corona tinggal 16 warga,” jelasnya.

Sementara jumlah warga dengan status OPD menjadi 27 orang. “Kemarin sempat ada kenaikan empat orang,” jelas Deni. (ril/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close