Head LinePemdaPolitik

BUPATI ANNE CORET KEWENANGAN WUSMIN TAMBUNAN SEBAGAI PEMEGANG KUASA PENGGUNA ANGGARAN (KPA)

PURWAKARTA (eNPe.com) – Bupati Anne Ratna Mustika, diam-diam mempreteli kewenangan Kabid Hubungan Industrial Disnakertrans Pemkab Purwakarta Wusmin Tambunan. Pejabat Pemkab yang selama ini kritis terhadap kebijakan Bupati ini, sekarang tidak punya kewenangan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Wusmin Tambunan, mengakui hal itu kepada eNPe.com semalam (24/10). “Sebagai Kabid, kewenangan saya sebagai KPA memang telah dicabut oleh Bupati. Ini yang dalam penilaian saya kebalik-balik. Saya menolak menandatangani perjalanan dinas Kepala Dinas ke Korea karena menyalahi aturan. Saya telah menyelamatkan uang negara. Ini kok malah dihapus kewenangan saya sebagai Kabid,” jelas Wusmin.

WUSMIN TAMBUNAN M.Si, PEJABAT SENIOR DI DISNAKERTRANS YANG MELAWAN BUPATI.

Pihaknya mengaku menerima keputusan Bupati itu. “Sekarang kewenangan KPA di Bidang Kerja saya dialihkan kepada Kepala Dinas. Satu saat publik akan tahu bahwa kebijakan Bupati ini keliru,” jelasnya.

Sebelumnya, Wusmin Tambunan adalah satu-satunya pejabat di Pemkab Purwakarta yang berani mengoreksi secara terbuka kebijakan Bupati yang melenceng. Perlawanan pertama dilakukan saat Bupati diam-diam mengangkat Titov Firman sebagai Kepala Dinas tanpa melalui seleksi penjaringan yang normal.

Wusmin saat itu langsung melaporkan Bupati Anne Ratna Mustika ke KPK, Mendagri, Komite ASN Pusat. Sayang hingga kini pengaduan Wusmin tidak jelas ujung pangkalnya.

Wusmin juga menolak menandatangani pertanggungjawaban Kepala Dinas saat melakukan lawatan ke Korea. Menurut Wusmin, langkah Titov telah melanggar tata kelola anggaran yang baik dan transparan.

Terkait penggunaan anggaran ke Korea, Kepala DinasTotiv Firman dihadapan aktivis KPP menjelaskan bahwa biaya perjalanan dinas ke Korea tidak ada yang salah. “Saya menggunakan anggaran itu atas persetujuan Bupati. Jadi tidak ada masalah,” jelas Titov saat itu. (ril/PU).

Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *