BisnisHead LinePemda

ASEP BETEL JANJIKAN AKHIR 2019 JEMBATAN CIHAMBULU SELESAI DIPERBAIKI

PURWAKARTA (eNPe.com) – Asep Betel, pemilik PT Dampu Awang, kontraktor jembatan Cihambulu akan menuntaskan perbaikan jembatan itu pada akhir 2019. Menurut satu pejabat, PT Dampu Awang mau bertanggung jawab terhadap rusaknya jembatan itu.

Kabid Bina Marga dan Pengairan Pramuji Nugroho menegaskan itu kepada eNPe.com kemarin (24/9). “Jadi pemborongnya masih bertanggung jawab untuk mengembalikan kerusakan jembatan itu. Dan berjanji akan selesai akhir 2019,” jelas Pramuji.

Menurutnya, sudah tiga bulan ini perbaikan sudah dilakukan. “Bahkan pondasi pengganti sudah jadi,” jelasnya.

Pramuji menambahkan, rontoknya pondasi jembatan Cihambulu disebabkan oleh faktor alam. “Sejak ada pergeseran kita sudah tahu gejalanya. Cuma karena hujan begitu deras, maka tembok penahan tidak mampu. Karena terus terjadi pergeseran akhirnya runtuh,” jelas Pramuji.

Jembatan itu, menurut Pramuji, sempat terpakai normal selama satu tahun. “Kontruksi yang dibangun sebenarnya sesuai dengan standard. Asep Betel selama ini dikenal sebagai pemborong spesialis jembatan. Jadi ini benar-benar karena faktor alam,” jelasnya.

Sejak runtuh, jelas Pramuji, Dinas Bina Marga juga tidak diam. “Kita saat itu langsung melakukan pemeriksaan. Kita evaluasi dan akhirnya memutuskan agar Pemborong segera memperbaiki kerusakan itu,” jelas Pramuji.

Menurutnya, untuk bangunan jembatan, maka pemborong punya tanggung jawab terhadap bangunan itu sampai 15 tahun. “Jadi kalau baru satu tahun masih jadi tanggung jawab pemborong,” jelasnya.

Besok Aliansi Kian Santang akan demo ke Bina Marga. Salah satu yang disoal adalah jembatan Cihambulu. Kini pihak pemborong sudah memperbaiki kerusakan itu. (ril/PU).

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close